WELCOME
CALL +62897 244 7878
FOLLOW US
Top

TRADING VS INVESTING

TRADING VS INVESTING

 

Sebelum saya memulai, mari kita samakan terlebih dahulu persepsi kita. yaitu “TRADING DAN INVESTING BERBEDA“.

Trading adalah Aktifitas melakukan pertukaran barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain. Sedangkan Investing menurut KBBI adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Mari kita coba jabarkan

  1. Trading

Jika kita mendengar kata Trading, mayoritas orang akan mengatakan bahwa trading itu berkaitan dengan SAHAM/FOREX. Trading sendiri merupakan Aktifitas melakukan pertukaran barang atau jasa dari satu pihak ke pihak lain. Antara lain kita bisa mengatakan bahwa, pertukaran barang atau jasa itu sama dengan berdagang. Dalam artian, jika kita membuka toko katakan saja toko buah, dimana akan ada yang menjual buah, dan yang membeli buah. Pada saat penjual menjual buah pada harga yang sudah disepakati oleh pembeli, maka ada pertukaran barang dari satu pihak ke pihak lain nya. Saat Pertukaran tersebut kita bisa katakan sebagai berdagang, bahkan kita bisa menyimpulkan bahwa penjual dan pembeli buah tersebut sedang melakukan “TRADING”.

Apakah sama dengan Trading SAHAM? jawaban nya : YA. coba kita teliti, let’s say ada yang bernama Andi dan Budi. Pak Andi sedang ingin membeli saham ABCD (kode Emiten), lalu pak Andi ini mencari penjual, siapa yang ingin menjual saham ABCD kepada dia. lalu ketemu lah dengan Pak Budi. Pak Budi memiliki Saham ABCD sebanyak yang pak Andi inginkan. Lalu pak Budi menjual saham ABCD kepada pak Andi dengan harga yang sudah disepakati bersama. lalu terjadilah yang namanya AKTIFITAS PERTUKARAN BARANG/JASA. so, Pak Andi dan Pak Budi sedang melakukan TRADING/berdagang saham.

  1. Investasi

Investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Investasi merupakan aktifitas menaruh / menanamkan modal didalam suatu perusahaan, dan dengan utuh penanaman modal tersebut yang akan dikembangkan oleh perusahaan dengan mengharapkan suatu keuntungan dimasa depan. jika perusahaan mengalami keuntungan / kerugian, maka investor tersebut ikut menganggung nya. mari kita akan coba langsung ke contoh

Pak Andi memiliki sejumlah dana, lalu Pak Andi meng investasikan dana nya ke perusahaan ABCD. jika perusahaan tersebut mendapatkan laba, maka Pak Andi juga mendapatkan laba, tetapi jika perusahaan ABCD tersebut mengalami kerugian, maka pak Andi juga akan ikut menanggung kerugian tersebut. Dari dana pak Andi tersebut, biasa nya dengan waktu yang cukup lama pak Andi akan tetap meng investasikan dana nya ke perusahaan ABCD tersebut, hingga Pak Andi menarik seluruh dana nya di perusahaan tersebut.

Dengan kata lain Perbedaan mendasar dari seorang trader & investor yaitu dana pengelolaan nya. Jika trader mengelolah sendiri dana nya untuk mendapatkan keuntungan dan mengelolah resiko sendiri, maka Investor mempercayakan dana nya dikelolah oleh perusahaan / orang lain untuk mengembangkan dana nya dengan resiko dari perusahaan / orang lain itu sendiri.

So, Trading & Investasi itu BERBEDA. apakah Anda tipe trader atau Investor?

 

Harmoni Trading
Your Best Partner Trading

Post a Comment

User registration

You don't have permission to register

Reset password